""

Prancis vs Jerman, Kembalinya Kroos Membuat Perbedaan

Pemain Sepak Bola Ikonik Dari Prancis dan Jerman

Prancis vs Jerman menunjukkan sebuah kejutan besar dengan kemenangan Jerman 2-0 atas Prancis, meski Prancis dianggap sedang dalam era keemasan mereka.

Laga Prancis vs Jerman sukses mengejutkan banyak pihak. Prancis yang disebut-sebut sedang berada di era emas, justru taklut dengan skor 2-0.

Masing-masing sebiji gol dari Florian Wirtz dan Kai Havertz sukses membungkam Kylian Mbappe dkk. Ini seperti menjadi titik kebangkitan squad Der Panser terlebih lagi sang playmaker Toni Kroos memutuskan untuk bertanding di Euro.

Sejarah Pertandingan Prancis vs Jerman di Masa Lalu

Sejarah Pertandingan Prancis vs Jerman
Sejarah Pertandingan Prancis vs Jerman

Pertandingan antara Prancis dan Jerman dalam sejarah sepak bola Eropa sering kali menarik perhatian karena kedua negara memiliki warisan panjang dalam olahraga ini. Berikut adalah beberapa momen penting dalam sejarah pertemuan mereka:

  • Final Piala Dunia 1958

Pertemuan ini terjadi dalam konteks final Piala Dunia 1958 di Swedia. Prancis dan Jerman Barat bertemu dalam pertandingan yang menjadi sorotan utama turnamen. 

Prancis yang dipimpin oleh Just Fontaine, seorang penyerang yang mencetak empat gol dalam pertandingan ini, berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan skor 6-3. 

Kemenangan ini tidak hanya memastikan gelar Piala Dunia pertama bagi Prancis, tetapi juga menandai dominasi mereka di lapangan. Just Fontaine sendiri mencatatkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu turnamen Piala Dunia pada saat itu.

  • Euro 1984

Prancis menjadi tuan rumah Euro 1984 dan kembali bertemu dengan Jerman Barat, kali ini dalam semifinal yang diselenggarakan di Marseille. Pertandingan ini diwarnai dengan tensi tinggi dan tekanan dari kedua belah pihak untuk meraih tempat di final. 

Prancis berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan skor 2-0 melalui gol-gol dari Jean-François Domergue dan Michel Platini. Gol-gol ini memastikan Prancis melaju ke final, di mana mereka akhirnya mengalahkan Spanyol dan meraih gelar Euro pertama mereka.

  • Piala Dunia 1982

Salah satu pertemuan paling dramatis antara kedua tim terjadi dalam semifinal Piala Dunia 1982 di Spanyol. Pertandingan ini menjadi salah satu yang paling ikonik dalam sejarah turnamen ini.

Setelah berakhir imbang 1-1 dalam waktu normal dan perpanjangan waktu, pertandingan memasuki adu penalti yang akhirnya dimenangkan oleh Jerman Barat dengan skor 5-4. 

Michel Platini, yang menjadi bintang utama Prancis pada saat itu, mencetak gol penalti yang membawa permainan ke perpanjangan waktu. Namun, keberhasilan Jerman Barat dalam adu penalti memastikan mereka maju ke final dan akhirnya memenangkan Piala Dunia pada tahun itu.

  • Euro 2016

Prancis menjadi tuan rumah Euro 2016 dan mencapai semifinal di mana mereka bertemu dengan Jerman, juara dunia pada saat itu. Pertandingan ini di Stade Vélodrome, Marseille, mempertemukan dua kekuatan besar Eropa dalam tekanan yang sangat besar untuk meraih tempat di final. 

Prancis tampil di depan pendukungnya dengan sangat percaya diri, didorong oleh performa gemilang Antoine Griezmann yang mencetak dua gol pada menit ke-45 dan 72, membawa Prancis memimpin 2-0. 

Griezmann menjadi bintang pertandingan dengan pergerakan cerdik dan ketajamannya di depan gawang lawan, serta mampu mengatasi tekanan dari pertahanan Jerman yang kuat. Kemenangan ini membuat Prancis melaju ke final Euro 2016, di mana mereka kemudian menghadapi Portugal.

  • Pertemuan-pertemuan Kualifikasi dan Persahabatan

Selain pertandingan-pertandingan besar di turnamen besar seperti Piala Dunia dan Euro, Prancis dan Jerman sering bertemu dalam pertandingan kualifikasi untuk turnamen internasional serta pertandingan persahabatan. 

Pemain Paling Ikonik dari Prancis dan Jerman

Pemain Sepak Bola Ikonik Dari Prancis dan Jerman
Pemain Sepak Bola Ikonik Dari Prancis dan Jerman

Pemain-pemain paling ikonik dari Prancis dan Jerman telah memberikan kontribusi besar dalam sejarah sepak bola internasional. Berikut adalah beberapa di antara mereka:

  • Michel Platini (Prancis)

Seorang gelandang brilian yang menjadi ikonik dalam sejarah sepak bola Prancis. Platini memainkan peran penting dalam kesuksesan Prancis pada tahun 1980-an, termasuk peran meraih gelar Euro 1984 di tanah sendiri. Ia juga dikenal dengan teknik serta kemampuannya mencetak gol luar biasa.

  • Zinedine Zidane (Prancis)

Salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola, Zidane menonjolkan diri di Prancis dan di level klub bersama Juventus dan Real Madrid. Ia memimpin Prancis meraih gelar Piala Dunia FIFA 1998 di kandang sendiri, dan kemudian menyumbangkan perannya dalam meraih gelar Euro 2000.

  • Thierry Henry (Prancis)

Penyerang cemerlang yang menjadi simbol serangan Prancis selama beberapa dekade. Henry adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk tim nasional Prancis, dan berperan penting dalam kemenangan mereka di Euro 2000 serta Piala Dunia 1998.

4. Franz Beckenbauer (Jerman)

Juga dikenal sebagai “Der Kaiser”, Beckenbauer adalah salah satu bek terbaik sepanjang masa dan memimpin Jerman Barat meraih gelar Piala Dunia pada tahun 1974 sebagai kapten.

Ia adalah pemain yang unik dengan kemampuan bertahan yang luar biasa serta kualitas kepemimpinan yang tak tertandingi.

5. Gerd Müller (Jerman)

Pencetak gol hebat yang dijuluki “Der Bomber”, Müller adalah legenda pencetak gol Jerman. Ia mencetak 68 gol dalam 62 penampilan untuk Jerman Barat dan berperan besar dalam meraih gelar Piala Dunia 1974 serta Piala Eropa 1972.

6. Lothar Matthäus (Jerman)

Gelandang serbaguna yang menjadi salah satu pemain terbaik Jerman sepanjang masa. Matthäus bermain dalam lima Piala Dunia dan memimpin Jerman Barat meraih gelar Piala Dunia 1990. 

Ia dikenal dengan kualitas teknikalnya yang tinggi dan kemampuannya dalam mengatur permainan di lapangan.

Gelar yang Pernah Didapat Kedua Negara Tersebut

Gelar Sepak Bola yang di Raih Prancis dan Jerman
Gelar Sepak Bola yang di Raih Prancis dan Jerman

Prancis dan Jerman, sebagai dua kekuatan besar dalam sepak bola Eropa dan dunia, telah mengumpulkan berbagai gelar bergengsi baik di level klub maupun tim nasional. Berikut adalah beberapa gelar yang pernah mereka raih:

Gelar Prancis:

  • Piala Dunia FIFA

Pada tahun 1998 Prancis berhasil meraih gelar Piala Dunia untuk pertama kalinya di kandang sendiri. Dipimpin oleh Zinedine Zidane dan Thierry Henry, mereka mengalahkan Brasil 3-0 di final yang legendaris di Stade de France, Paris.

Tahun 2018 Prancis kembali meraih gelar Piala Dunia setelah 20 tahun dengan mengalahkan Kroasia 4-2 di final Piala Dunia 2018 di Rusia. Tim yang dipimpin oleh Didier Deschamps ini menunjukkan performa kuat sepanjang turnamen dan memastikan posisi sebagai salah satu tim terbaik di dunia.

  • Kejuaraan Eropa UEFA (Euro):

Pada tahun 1984 sebagai tuan rumah, Prancis meraih gelar Euro pertama mereka di bawah kepemimpinan Michel Platini. Mereka mengalahkan Spanyol 2-0 di final di Parc des Princes, Paris.

Tahun 2000 juga Prancis kembali meraih gelar Euro setelah mengalahkan Italia 2-1 di final di Rotterdam. Kemenangan ini ditandai dengan gol emas dari David Trezeguet di perpanjangan waktu.

  • Olimpiade:

Prancis meraih medali emas Olimpiade untuk pertama kalinya pada tahun 1984 di Los Angeles, Amerika Serikat. Mereka mengalahkan Brasil 2-0 di final.

  • Piala Konfederasi FIFA:

Tahun 2001 dan 2003, Prancis meraih gelar Piala Konfederasi dua kali berturut-turut di tahun 2001 (di Korea Selatan/Jepang) dan 2003 (di Prancis). Mereka berhasil mengalahkan tim-tim kuat seperti Brasil dan Kamerun dalam perjalanan mereka menuju gelar tersebut.

Gelar Jerman:

  • Piala Dunia FIFA:

Tahun 1954, 1974, dan 1990, Jerman berhasil meraih gelar Piala Dunia sebanyak empat kali, tiga kali sebagai Jerman Barat (1954, 1974, dan 1990) dan satu kali sebagai Jerman bersatu (2014). Mereka dikenal dengan permainan kolektif yang kuat dan mentalitas juara yang tidak tergoyahkan.

pada tahun 1954, Jerman Barat juga meraih gelar Piala Dunia pertama mereka setelah mengalahkan Hungaria 3-2 dalam “Piala Dunia Ajaib” di Bern, Swiss.

Jerman Barat menjadi juara Piala Dunia keduanya setelah mengalahkan Belanda 2-1 di final di Munich pada tahun 1974. Pertandingan ini diwarnai dengan gol kemenangan dari Gerd Müller.

Tahun 1990, Jerman Barat (sebelum reunifikasi dengan Jerman Timur) meraih gelar Piala Dunia ketiga mereka setelah mengalahkan Argentina 1-0 di final di Italia, dengan gol tunggal dari Andreas Brehme lewat tendangan penalti.

Tahun 2014 juga, Jerman meraih gelar Piala Dunia keempat mereka sebagai negara bersatu setelah mengalahkan Argentina 1-0 di final di Brasil. Gol tunggal dari Mario Götze di perpanjangan waktu menjadi penentu kemenangan mereka.

  • Kejuaraan Eropa UEFA (Euro):

  • 1972, 1980, dan 1996: Jerman meraih gelar Euro tiga kali, dua kali sebagai Jerman Barat (1972 dan 1980) dan sekali sebagai Jerman bersatu (1996).
  • 1972: Jerman Barat meraih gelar Euro pertama mereka setelah mengalahkan Uni Soviet 3-0 di final di Brussels, Belgia.
  • 1980: Jerman Barat meraih gelar Euro kedua mereka setelah mengalahkan Belgia 2-1 di final di Italia.
  • 1996: Jerman meraih gelar Euro pertama mereka setelah reunifikasi setelah mengalahkan Republik Ceko 2-1 di final di Inggris.
  1. Piala Konfederasi FIFA:
  • 2017: Jerman meraih gelar Piala Konfederasi pertama mereka setelah mengalahkan Chile 1-0 di final di Rusia.
  1. Piala Eropa U-21 UEFA:
  • 2009 dan 2017: Jerman meraih gelar Piala Eropa U-21 dua kali, menambah prestasi mereka di level junior.

Prancis dan Jerman kembali berlaga di Euro 2024. Jika sampai bertemu, Anda bisa menyaksikan pertandingan Prancis vs Jerman di SEPAKBOLA JALALIVE

Trả lời

Email của bạn sẽ không được hiển thị công khai. Các trường bắt buộc được đánh dấu *

You cannot copy content of this page