""

Guadalajara vs Club America, Duel Tim Adu Gengsi

Mengenal Sejarah Tim Sepak Bola America

Pertandingan tensi tinggi akan terjadi ketika Guadalajara vs Club America, keduanya memiliki kelompok supporter yang sangat militan.

Guadalajara vs Club America menjadi dua tim dengan popularitas paling tinggi di Meksiko. Setiap orang yang mengikuti Liga Meksiko pasti mengetahui dua klub tersebut.

Salah satu yang paling menarik dari kedua klub ini adalah fanatisme supporternya. Bisa dibilang, fanatisme supporter tersebut berada di atas rata-rata.

Pertandingan Guadalajara vs Club America di Masa Lalu

Sejarah Pertandingan Guadalajara vs America
Sejarah Pertandingan Guadalajara vs America

Pertandingan antara dua klub ini selalu mencuri perhatian public, berikut pembahasan tentang pertemuanya keduanya di masa lalu:

1. Liga MX Final 1983-84

Pada musim 1983-84, Guadalajara dan Club America bertemu di final Liga MX, menciptakan salah satu pertandingan paling bersejarah dalam sepak bola Meksiko. Guadalajara, juga dikenal sebagai Chivas, berhasil mengalahkan Club America dengan agregat skor 3-1. 

Kemenangan ini sangat penting bagi Chivas karena mereka berhasil mengamankan gelar juara setelah berjuang keras sepanjang musim. Keberhasilan ini tidak hanya menambah trofi ke dalam koleksi mereka, tetapi juga memperkuat posisi mereka sebagai salah satu klub terkuat di Meksiko.

2. Liga MX Semifinal 1990

Semifinal Liga MX tahun 1990 antara Chivas dan Club America dikenang bukan hanya karena permainan sepak bola yang intens. Namun juga karena insiden perkelahian besar-besaran yang melibatkan banyak pemain dari kedua tim. 

Pertandingan ini berlangsung dengan ketegangan tinggi di kedua belah pihak, dan Club America berhasil keluar sebagai pemenang. 

Insiden perkelahian ini menambahkan elemen dramatis ke dalam sejarah rivalitas mereka dan sering kali dibicarakan oleh penggemar sebagai salah satu momen paling kontroversial dalam El Súper Clásico.

3. Clásico Nacional 2016

Pada tahun 2016, Chivas mencatat salah satu kemenangan paling menentukan mereka dalam sejarah modern saat menghadapi Club America di Estadio Azteca. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Chivas, sebuah hasil yang sangat memuaskan bagi penggemar mereka. 

Kemenangan telak ini menambah kebanggaan bagi Chivas, mengingat betapa sulitnya bermain di kandang Club America yang terkenal dengan atmosfer yang sangat menekan bagi tim tamu.

4. Guard1anes 2020 Liga MX Playoffs

Dalam babak perempat final Liga MX Playoffs musim Guard1anes 2020, Chivas kembali menunjukkan keunggulan mereka atas Club America dengan mengalahkan mereka dengan agregat skor 3-1. 

Pada leg pertama, Chivas menang dengan skor 2-1, dan mereka memperkuat posisi mereka dengan kemenangan 1-0 di leg kedua. 

Hasil ini membawa Chivas ke babak semifinal dan menambah satu lagi momen penting dalam sejarah persaingan mereka dengan Club America, menunjukkan bahwa mereka masih merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan dalam sepak bola Meksiko.

Sejarah Singkat Guadalajara

Mengenal Sejarah Tim Sepak bola Guadalajara
Mengenal Sejarah Tim Sepak bola Guadalajara
  • Pendirian Klub dan Sejarah Awal

Club Deportivo Guadalajara, yang lebih dikenal dengan sebutan Chivas, didirikan pada tanggal 8 Mei 1906 oleh Edgar Everaert, seorang imigran Belgia yang menetap di Guadalajara. 

Pada awalnya, klub ini bernama Club Unión sebelum berubah nama menjadi Guadalajara. Sejak awal berdirinya. Klub ini telah menunjukkan semangat kompetitif dan komitmen kuat untuk menjadi salah satu yang terbaik.

  • Identitas Nasional yang Kuat

Salah satu karakteristik unik yang membedakan Chivas dari klub lain adalah kebijakan mereka yang hanya merekrut pemain Meksiko, yang dimulai pada tahun 1943. Kebijakan ini menekankan identitas nasional dan menjadi simbol kebanggaan bagi para pendukung klub. 

  • Era Profesional dan Kejayaan “El Campeonísimo”

Chivas menjadi bagian dari Liga MX, yang saat itu dikenal sebagai Liga Mayor, ketika liga tersebut dibentuk pada tahun 1943. Periode akhir 1950-an hingga 1960-an dikenal sebagai era “El Campeonísimo”.

Chivas mendominasi sepak bola Meksiko dengan memenangkan tujuh gelar liga dalam sembilan tahun (1956-1965), termasuk gelar liga berturut-turut dari 1959 hingga 1962. 

Era ini menandai puncak kejayaan Chivas dan memperkuat posisi mereka sebagai kekuatan dominan dalam sepak bola Meksiko.

  • Rivalitas dan Pengaruh Budaya

Salah satu aspek paling menarik dalam sejarah Chivas adalah rivalitas mereka dengan Club America, yang dikenal sebagai “El Súper Clásico.” Pertandingan antara kedua tim ini selalu dinantikan dan menarik perhatian besar di kalangan penggemar sepak bola Meksiko. 

  • Warisan dan Pengaruh

Guadalajara tidak hanya dikenal sebagai klub sepak bola, tetapi juga sebagai simbol identitas nasional dan budaya Meksiko. Kebijakan mereka yang hanya merekrut pemain Meksiko telah membuat mereka menjadi ikon dalam sepak bola Meksiko dan panutan bagi banyak klub lain. 

Dengan sejarah yang kaya dan warisan yang kuat, Chivas terus menjadi salah satu klub paling dihormati dan dicintai di Meksiko, serta memiliki pengaruh besar dalam perkembangan sepak bola di negara tersebut.

Sejarah Singkat Club America

Mengenal Sejarah Tim Sepak Bola America
Mengenal Sejarah Tim Sepak Bola America
  • Pendirian Klub dan Sejarah Awal

Club América, yang sering disebut hanya sebagai América, didirikan pada tanggal 12 Oktober 1916, oleh para pelajar di Mexico City. Klub ini didirikan dengan tujuan untuk mempromosikan sepak bola di Meksiko dan dengan cepat menjadi salah satu klub paling berpengaruh di negara tersebut. 

Warna tradisional klub adalah kuning dan biru, yang telah menjadi simbol kebanggaan bagi para pendukungnya.

  • Era Profesional dan Dominasi Awal

Ketika sepak bola Meksiko mulai mengadopsi profesionalisme pada awal 1940-an, Club América berada di garis depan perubahan tersebut. Mereka adalah salah satu anggota pendiri dari Liga Mayor, yang kemudian menjadi Liga MX, liga sepak bola profesional teratas di Meksiko. 

Pada tahun 1956, Emilio Azcárraga Milmo, seorang pengusaha media, mengambil alih klub ini dan mulai berinvestasi besar-besaran, yang memungkinkan América untuk merekrut pemain-pemain berbakat dari seluruh dunia.

  • Kejayaan di Tahun 1970-an dan 1980-an

Era 1970-an dan 1980-an adalah masa keemasan bagi Club América. Di bawah kepemimpinan pelatih-pelatih terkenal seperti José Antonio Roca dan Carlos Reinoso, América memenangkan sejumlah gelar liga dan turnamen internasional. 

Pada tahun 1976, mereka memenangkan gelar liga pertama mereka dalam era profesional dengan mengalahkan UANL Tigres. Keberhasilan ini diikuti oleh beberapa gelar lagi, termasuk kemenangan di musim 1983-84, di mana mereka mengalahkan Guadalajara, rival berat mereka, di final.

  • Kesuksesan Internasional

Di luar kancah domestik, Club América juga menunjukkan kekuatan mereka di tingkat internasional. Mereka telah memenangkan Piala CONCACAF Liga Champions sebanyak tujuh kali, menjadikan mereka sebagai klub paling sukses di turnamen ini. 

Kemenangan-kemenangan ini termasuk keberhasilan pada tahun 1977, 1987, dan 2016, yang menegaskan posisi mereka sebagai kekuatan utama dalam sepak bola regional.

  • Era Modern dan Gelar Lanjutan

Memasuki era modern, Club América terus mendominasi Liga MX. Pada dekade 2010-an, mereka memenangkan beberapa gelar liga, termasuk Clausura 2013 dan Apertura 2014. 

Mereka juga memenangkan Piala CONCACAF Liga Champions pada tahun 2015 dan 2016, yang memperkuat status mereka sebagai klub elit di kawasan Amerika Utara dan Tengah.

  • Stadion dan Basis Pendukung

Club América memainkan pertandingan kandang mereka di Estadio Azteca, salah satu stadion paling terkenal di dunia. 

Dibuka pada tahun 1966, Estadio Azteca memiliki kapasitas lebih dari 87.000 penonton dan telah menjadi tuan rumah untuk berbagai pertandingan penting, termasuk final Piala Dunia FIFA 1970 dan 1986. 

Basis pendukung América dikenal sebagai “Las Águilas,” yang merupakan salah satu yang terbesar dan paling fanatik di Meksiko.

  • Rivalitas dan Pengaruh Budaya

Rivalitas Club América dengan Guadalajara, yang dikenal sebagai “El Súper Clásico,” adalah salah satu yang paling sengit dalam sepak bola dunia. Pertandingan ini selalu menarik perhatian besar dan sering kali menjadi acara yang sangat dinantikan. 

Selain itu, América juga memiliki rivalitas dengan tim-tim seperti Pumas UNAM dan Cruz Azul, yang dikenal sebagai “Clásico Capitalino” dan “Clásico Joven” masing-masing.

  • Warisan dan Pengaruh

Club América tidak hanya dikenal sebagai salah satu klub tersukses dalam sejarah sepak bola Meksiko, tetapi juga sebagai simbol kebanggaan dan prestise. Mereka memiliki warisan yang kaya dan pengaruh yang besar dalam perkembangan sepak bola di Meksiko dan Amerika Utara. 

Dengan dukungan kuat dari pemilik dan basis pendukung yang setia, Club América terus menjadi salah satu kekuatan dominan dalam sepak bola, tidak hanya di Meksiko tetapi juga di kancah internasional.

Pertandingan Liga Meksiko semakin menarik untuk diikuti. Jika Anda ingin menonton pertandingan Guadalajara vs Club America atau pertandingan lain, pilih saja JALALIVE sebagai tempat nonton bola terbaik.
Lihat lebih lanjut: https://jabariparker22.com/

Trả lời

Email của bạn sẽ không được hiển thị công khai. Các trường bắt buộc được đánh dấu *

You cannot copy content of this page