""

AFC Asian Cup U23, Sejarah, Hingga Formatnya

Kompetisi AFC Asian Cup U23

AFC Asian Cup U23 tahun 2024 menjadi kompetisi sepak bola yang berhasil menyuguhkan banyak sekali kejutan dan mampu dinikmati oleh pecinta sepak bola.

AFC Asian Cup U23 menjadi salah satu pertandingan olahraga yang banyak digemari oleh banyak orang dari semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, bahkan saat ini tidak sedikit kaum wanita yang mulai menyukai olahraga satu ini.

Perkembangan sepakbola Asia sendiri cukup menarik untuk diperhatikan. Perkembangan nampak terlihat di sana sini sehingga tidak menutup kemungkinan beberapa waktu ke depannya kualitasnya sudah bisa menyaingi eropa.

AFC Asian Cup U23 Sukses Menarik Perhatian Masyarakat

Kompetisi AFC Asian Cup U23
Kompetisi AFC Asian Cup U23

Pengelolaan yang dilakukan dengan baik berhasil menarik banyak orang datang ke stadion untuk menonton secara langsung negara kesayangannya bertanding. Dapat dipastikan dalam satu pertandingan bisa mendatangkan ribuan bahkan ratusan ribu orang.

Tentu ini menjadi salah satu tren positif, karena jika dibandingkan dahulu sepak bola lebih terlihat membahayakan. Selalu memunculkan keributan dan akhirnya berjatuhan korban jiwa, saat ini stigma tersebut sudah perlahan memudar. 

Ini terbukti dengan stadion yang selalu terisi penuh oleh penonton, khususnya saat kompetisi besar dilakukan, Seperti AFC Asian Cup U23. Tentu di Tingkat Asia ini menjadi salah satu kompetisi bergengsi. 

Sejarah Singkat AFC Asian Cup U23

Piala AFC Asian Cup U23 dimulai pada tahun 2004 sebagai komptesi antar klub asia tingkat dua setelah Liga Champions AFC. 

Ketika pertama digelar turnamen ini hanya diikuti oleh 18 tim dari 11 Negara dengan Al-Jaish yang keluar sebagai juara diedisi pertama setelah berhasil mengalahkan klub sesama Suriah Al-Wahda. Musin 2009 terjadi penambahan peserta menjadi 32 Tim dibabak Grup.

Pada musim 2017 terjadi penambahan peserta kembali menjadi 36 Tim dibabak grup dan terbagi kedalam 5 zona (Barat, Tengah, Selatan, Timur dan Tenggara) menyusul dihentikannya penyelenggaraan Piala Presiden AFC sebagai kompetisi antar Klub Asia tingkat tiga.

Format Pelaksanaan AFC Asian Cup U23

Dalam sebuah pertandingan khususnya sepak bola, format pelaksaan menjadi salah satu hal penting. Karena biasanya akan berakhir pada regulari ketika kompetisi berjalan. Maka dari itu berikut penjelasan mengenai format piasa AFC Asian Cup U23dari tahun ke tahun.

  • Format Tahun 2009

Turnamen ini mengalami beberapa perubahan peraturan tim dan kompetisi di musim 2009. Total 32 Tim akan mengikuti kompetisi (20 dari Asia Barat dan India, dan 12 dari Asia Timur). Tim-tim akan dibagi ke dalam 8 grup. 5 grup berisi Tim Asia Barat dan 3 grup berisi Tim Asia Timur.

Dua tim dari setiap grup akan lolos ke babak 16 besar dan akan memainkan satu pertandingan dengan menggunakan sistem gugur.

  • Format Tahun 2017

Beberapa perubahan diterapkan dalam format piala AFC Asian Cup U23 tahun 2017. Tidak kurang dari 36 tim berpartisipasi dalam babak penyisihan grup (masing-masing 12 klub dari Asia Barat dan ASEAN, dan masing-masing 4 dari Asia Timur, Asia Tengah dan Asia Selatan).

Pemenang dari 4 zona (kecuali Barat) akan bertemu dibabak interzona dan pemenangnya akan bertemu dengan pemenang zona Barat yang kemudian bermain di Final AFC ASIAN Cup U23.

  • Format Tahun 2024

Format piala AFC Asian Cup U23 ditahun 2024 terbagi menjadi dua jenis, yakni sistem grup setengah kompetisi dan knock out. Fase grup setengan kompetisi dimainkan dibabak penyisihan, sedangkan format gugur akan diberlakukan ketika memasuki babak 8 besar.

Dibabak penyisihan grup, 16 tim peserta piala AFC akan dibagi ke dalam 4 grup yang masing-masing diisi 4 tim. Setiap tim dijadwalkan menjalani 3 pertandingan dengan setiap kemenangan mendapat 3 poin, hasil seri 1 poin, dan yang kalah tidak mendapatkan poin sama sekali.

Untuk tim yang berhasil mengakhiri penyisihan grup di peringkat 1 dan 2 secara otomatis lolos ke fase knock out. Format piala AFC Asian Cup U23 tahun 2024 dibabak penyisihan grup diatur sesuai poin yang diperoleh.

Artinya penentuan peringkat fase grup dihitung berdasarkan poin total 3 pertandingan. Jika ada tim yang ternyata memiliki poin sama pada fase grup, ini  dihitung dengan cara head to head pertemuan antara kedua tim yang memiliki poin sama.

Daftar Peserta Piala AFC Asian Cup U23 Qatar

Daftar Peserta AFC Asian CUP U23
Daftar Peserta AFC Asian CUP U23

Dari beberapa Negara Asean timnas Indonesia menjadi salah satu perwakilan yang berhasil masuk ke putaran finak piala AFC Asian Cup U23 bersama Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Bagi ke 4 Negara ini menjadi sebuah kebanggan bisa masuk fase berikutnya. Berikut daftar tim beserta grupnya:

  • Grup A 

Ini menjadi grup yang tidak mudah bagi Negara Indonesia karena harus berhadapan dengan Qatar yang berstatus tuan rumah, Australia, dan Yordania. 

  • Grup B 

Grup ini mungkin menjadi salah satu yang menakutkan, karena dihuni Negara-negara besar seperti Jepang, Korea Selatan, Uni Emirat Arab dan juga China. Tentu grup ini akan menyuguhkan pertandingan-pertandingan yang luar biasa sengit.

  • Grup C 

Tidak kalah sengit dari beberapa grup diatas, grup ini juga dihuni oleh Negara-negara yang tangguh dalam urusan sepak bola. Yakni Arab Saudi, Irak, Thailand, dan Tajikistan.

  • Grup D 

Grup ini dihuni oleh Uzbekistan, Vietnam, Kuwait dan juga Malaysia. Terdapat peluang bagi Vietnam dan juga Malaysia untuk lolos ke babak selanjutnya.

Kejutan di Piala Asian Cup U23 Tahun 2024

Klasemen Akhir di Piala Asian CUP U23
Klasemen Akhir di Piala Asian CUP U23

Banyak sekali drama dan air mata dalam perhelatan kompetisi piala AFC Asian Cup U23 di tahun 2024. Kejutan datang dari beberapa Negara yang memang dari segi kekuatan tidak diunggulkan sama sekali. Namun bola itu bulat, tidak dapat dipastikan kemenangan akan jatuh pada tim mana.

Dari sekian banyak kejutan yang terjadi, berikut beberapa yang berhasil menyoroti jutaan pasang mata dan terheran-heran:

  • Thailand Mengalahkan Irak 

Thailand melakoni pertandingan pertamanya dengan cukup berat karena harus melawan Irak. Secara head to head Irak tentu lebih diunggulkan karena reputasinya sebagai salah satu tim terbaik Asia. Terlebih Irak juga berhasil memenangkan enam pertemuan melawan Thailand di level U23.

Meski kalah secara head to head Thailand bermain cukup percaya diri, pasukan Ithsara Sritharo bahkan mampu mengimbangi permainan Irak dibabak pertama. Meski Irak terus menggempur pertahan Thailand, namun skor tetap imbang hingga pluit babak pertama berakhir dibunyikan.

Kejutan justru datang dari Negara yang dijuluki gajah putih di menit ke-26. Umpan manis Erawan Garnier berhasil diteruskan Waris Choolthong lewat sintekan manisnya. Gol ini mendapatkan respon langsung dari Irak dengan menggempur habis-habisan pertahanan Thailand.

Alih-alih menyamakan keadaan, Irak justru harus kejebolan kembali oleh tandukan Teerasak di menit ke-65. Ini menjadi suatu hal yang mengejutkan di piala AFC Asian Cup U23 tahun 2024. Hingga pertandingan berakhir, skor masih tetap 2-0 untuk kemenangan Thailand.

  • Indonesia Berhasil Masuk ke Babak Semi Final

Mungkin ini menjadi salah satu hal yang paling mengejutkan dan membuat heran banyak pecinta sepak bola di seluruh dunia. Tim asuhan Shin-ta-yong ini tidak begitu diperhitungkan dalam kompetisi ini. 

Meski tidak mudah di babak fase grup, namun akhirnya Indonesia berhasil membuat kejutan yang luar biasa di piala AFC Asian Cup U23. Dengan kekompakan dan semangat yang luar biasa, akhirnya membawa tim Indonesia lolos fase grup, babak 8 besar dan akhirnya berhasil masuk babak semi final.

Namun langkah tim Negara Indonesia harus berakhir disini, karena berhasil dikalahkan oleh Uzbekistan dengan skor 2-0. Meski kalah, apresiasi tertinggi tetap diberikan untuk semua pemain karena telah tampil maksimal dalam kompetisi yang cukup bergengsi ini.

Tidak pernah ada yang menyangka jika Indonesia mampu berjuang hingga babak semi final. Karena target diawal hanya lolos fase grup. Namun para pemain muda Indonesia berhasil mendobrak target yang diberikan oleh pelatih. 

Kompetisi semacam ini menjadi sebuah pelajaran dan juga pengalaman bagi setiap pemain muda, karena dengan ikut serta di dalamnya, ini membuka peluang untuk karirnya kedepan. Selain adu gengsi, mungkin hal ini juga yang menjadi salah satu alasan diadakannya turnamen AFC Asian Cup U23.

lihat lebih banyak : https://jabariparker22.com/

 

 

Trả lời

Email của bạn sẽ không được hiển thị công khai. Các trường bắt buộc được đánh dấu *

You cannot copy content of this page